5 Fakta Terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Dilengkapi Restorasi hingga Melesat 350 Km Per Jam

Juli 30, 2019

KOMPAS.com – Proyek Kereta Cepat Jakarta- Bandung ditargetkan selesai dibangun akhir 2020 dan menjadi kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Dikutip dari Kompas.com Selasa (14/5/2019), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan bahwa progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tunnel Walini akan mencapai 60 persen di akhir 2019. Setelah pengerjaan yang dilaksanakan selama 15 bulan, tunnel dengan panjang 608 meter ini menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus. Nah, berikut 5 fakta terbaru Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2020 nanti:

1. Stasiun di Karawang dibangun, Jakarta-Karawang cuma 15 menit

Kereta cepat Jakarta-Bandung akan melintas di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Dengan menggunakan kereta cepat, jarak antara Jakarta menuju Karawang bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 15 menit.

Sebuah stasiun pun kini dalam tahap pembangunan. PT KCIC dalam instagramnya @keretacepat_id mengatakan stasiun kereta cepat Karawang masih dalam tahap proses pembangunan.

“Stasiunnya lagi dibangun nih. Coming soon Jakarta–Karawang ngga sampai 15 menit,” demikian bunyi akun resmmi KCIC.

Kereta dengan kecepatan 350km/jam itu rencananya akan berhenti di setiap stasiun utama yang dimulai dari Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Walini dan terakhir Stasiun Tegalluar.

2. Sisi outlet Tunnel #10 dimulai Agustus Pekerja melintas di dalam Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat

Pekerja melintas di dalam Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mencapai babak baru setelah Tunnel Walini di Jawa Barat berhasil ditembus yang pengerjaannya dilaksanakan selama 15 bulan, dengan panjang 608 meter menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus.(ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

Tunnel #10 adalah salah satu dari 13 tunnel yang ada di proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Lokasi Tunel #10 berada di Sukatani, Padalarang, dekat jalan tol Bandung Cikampek dan memiliki panjang 1,230 meter dan sisi outlet-nya tepat berada di bawah jalur kereta api eksisting.

Kereta cepat ini akan memiliki jalur sendiri sehingga mendukung pengoperasian kereta cepat yang memiliki kecepatan tinggi dengan kecepatan maksimal 350 km/jam.

Proses konstruksi Tunnel #10 ini dilakukan di dua sisi, inlet dan outlet. Proses penggalian sisi inlet sendiri sudah dilakukan sejak kuartal pertama tahun 2019, sedangkan penggalian sisi outlet akan dilakukan di bulan Agustus 2019 mendatang.

Proses konstruksi Tunnel #10 ini diperkirakan selesai di kuartal ke-2 tahun 2020 mendatang.

3. Yang bisa dilakukan selama 36 menit selama perjalanan Jakarta-Bandung

Pekerja melintas di dalam Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mencapai babak baru setelah Tunnel Walini di Jawa Barat berhasil ditembus yang pengerjaannya dilaksanakan selama 15 bulan, dengan panjang 608 meter menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus.(ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

PT KCIC dalam instagramnya @keretacepat_id menawarkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama 36 menit perjalanan Jakarta-Bandung.

Apa aja?

Baca buku dan dengar lagu, cemal cemil, dan bisa tidur cantik.

Kereta cepat ini dilengkapi dengan gerbong restorasi atau biasa disebut dining car, sehingga pengguna tidak

Namun yang terpenting adalah bebas macet.

Suasana Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mencapai babak baru setelah Tunnel Walini di Jawa Barat berhasil ditembus yang pengerjaannya dilaksanakan selama 15 bulan, dengan panjang 608 meter menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus.(ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

Tunnel boring Machine (TBM) Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan bekerja dengan menggunakan Metode Shield Tunneling melewati jalan tol Cikampek dan overpass jalan arteri Jatiwaringin yang saat ini kondisinya sangat padat.

Metode ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan sistem kerja pengeboran tanpa mengganggu aktivitas yang berada di permukaan tanah.

Dengan penggunaan TBM diharapkan pembuatan Tunnel Halim akan diselesaikan dengan lebih cepat dan aman serta tanpa mengganggu kenyamanan pengguna jalan tol.

5. Penampakan kursi penumpang

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan), Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia Xiao Qian (kedua kiri), Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra (kiri) dan Project Manager CREC Zhang Wei (kanan) berfoto bersama saat peresmian Tunnel Walini yang berhasil ditembus pada pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mencapai babak baru setelah Tunnel Walini di Jawa Barat berhasil ditembus yang pengerjaannya dilaksanakan selama 15 bulan, dengan panjang 608 meter menjadi tunnel pertama dari 13 tunnel KCJB lainnya yang berhasil ditembus.(ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

Walapun Jakarta-Bandung hanya ditempuh selama 36 menit, kursi yang disediakan untuk penumpang sangat nyaman. PT KCIC dalam instagramnya @keretacepat_id menunjukkan penampakan kursi yang didominasi warna coklat keemasan dengan susunan kursi 3-2.

Selain itu, kereta cepat tersebut juga dilengkapo dengan gerbong restorasi atau biasa disebut dinning car.

Sumber: Kompas.com

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *