Jakarta, 1 Juli 2022 | Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)
terus dikebut. Berbagai upaya percepatan pembangunan dilakukan untuk memenuhi
target operasional pada Juni 2023.
Enam bulan pertama atau semester pertama tahun 2022 sudah dilewati. Sejumlah
progres pembangunan proyek KCJB berhasil dicapai. General Manager Corporate
Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry menyebutkan pihaknya bersama kontraktor
berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan percepatan pembangunan.
Rahadian pun meminta dukungan pada masyarakat agar pengerjaan proyek KCJB
bisa berjalan lancar.
“Mohon dukungannya agar proyek KCJB ini bisa segera menyapa dan melayani
masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Berikut ini adalah beberapa pencapaian proyek KCJB sepanjang semester 1 Tahun
2022:
• 13 Tunnel Berhasil Ditembus
Memasuki tahun 2022, proyek KCJB menyisakan 3 tunnel yang masih dalam
proses penggalian. Ketiga tunnel tersisa yang terdiri dari Tunnel #2, Tunnel #4,
dan Tunnel #6 termasuk dalam konstruksi dengan tingkat kesulitan tinggi.
Namun dengan berbagai upaya kolaborasi, seluruh Tunnel KCJB berhasil
ditembus. Pada 22 Februari 2022, Tunnel #6 Method (NATM) berhasil tembus.
Disusul dengan Tunnel #4 pada awal April 2022. Kemudian pada 17 Juni 2022,
Tunnel #2 yang sempat menjadi kendala tersulit selama proyek KCJB berjalan,
berhasil ditembus.
• Produksi Slab Track Rampung
Pada pertengahan Mei, kebutuhan slab track atau bantalan rel beton untuk proyek
KCJB tuntas diproduksi. Penyelesaian ini bahkan lebih cepat dari target yang
ditetapkan.
Penyelesaian produksi bantalan rel beton ini mendukung kelancaran Track Laying
KCJB dan berdampak positif terhadap upaya percepatan pembangunan KCJB.
• Pemasangan Rel KCJB Mulai Berjalan
Pada pertengahan April 2022, kontraktor KCJB mulai melakukan pemasangan rel
atau track laying KCJB dari arah Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung. Proses
track laying dilakukan secara bertahap dan ditargetkan rampung pada Januari
2023.
• Struktur Layang dari CY #1 Arah Jakarta dan Bandung Sudah Terhubung
Pemasangan Girder Box dari Casting Yard #1 (CY #1) di Cikarang Barat arah
Jakarta sudah rampung pada 24 Juni 2022. Sebelumnya pemasangan Girder Box
dari CY #1 arah Bandung rampung pada 28 Mei 2022. Total sebanyak 1.018
girder box sudah diproduksi dan selesai dipasang dari CY#1.
• Struktur Layang dari CY #4 ke Arah Bandung Sudah Tersambung
Dari Casting Yard #4 yang berlokasi di Kopo, Bandung, proses pemasangan
girder box arah Bandung sudah selesai pada akhir Mei lalu. Adapun proses
pemasangan girder box arah Jakarta dari CY#4 diprediksi akan rampung pada
September mendatang. Hingga saat ini tersisa 51 Girder Box yang belum
terpasang.
• Produksi EMU dan CIT Telah Rampung
Di awal April 2022, PT KCIC menyampaikan seluruh rangkaian Electric Multiple
Unit (EMU) yang berjumlah 11 unit dan satu unit Comprehensive Inspection Trai
(CIT) atau Kereta Ukur sudah selesai diproduksi di CRRC Sifang, Qingdao,
provinsi Shandong, Tiongkok. Seluruh rangkaian EMU dan CIT KCJB ini,
rencananya akan mulai dikirim ke Indonesia di Semester 2 tahun 2022.
• Preloading SG7B hingga SG14 Selesai
Progres pembangunan juga terlihat di sisi subgrade. Pada 26 Juni 2022,
kontraktor telah berhasil melakukan pekerjaan preloading dari Subgrade 7 hingga
Subgrade 14 dengan volume mencapai 99.329 m3.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Rahadian Ratry
Rahadian.ratry@kcic.co.id