2 Bulan Resmi Beroperasi Komersil, Kereta Cepat Whoosh Hadirkan Standar Baru Transportasi di Indonesia Dengan 99,9 Persen Ketepatan Waktu Berangkat

18 Desember 2023 | Tepat 2 bulan beroperasi resmi secara komersil, KCIC selaku operator Kereta Cepat Whoosh mencatatkan terdapat total 1.869 perjalanan kereta cepat Whoosh sejak 17 Okt s.d 17 Des 2023.

Dari ratusan perjalanan kereta cepat Whoosh ini, tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,9 persen dengan rata-rata kelambatan pemberangkatan dari Stasiun awal hanya 0,1 detik saja. Untuk kedatangan, ketepatan waktunya juga cukup baik dengan mencapai 95% dari keseluruhan perjalanan.

GM Corporate Seceretary KCIC, Eva Chairunisa menyebutkan perjalanan kereta cepat Whoosh sejak resmi beroperasi pada 17 Oktober 2023 secara keseluruhan berjalan dengan baik. Kereta Cepat Whoosh tidak hanya mempersingkat waktu perjalanan tapi juga dan memiliki ketepatan waktu perjalanan yang sangat baik.

“Whoosh, sebagai Kereta Cepat Pertama di Indonesia, ini memperkuat komitmennya untuk memberikan pengalaman transportasi yang andal dan efisien kepada penumpang. Pencapaian ini menunjukkan dampak transformatif dari kehadiran Kereta Cepat, yang menawarkan manfaat tak tertandingi bagi para penumpang dan menetapkan tolak ukur baru dalam hal ketepatan waktu di transportasi Indonesia,” ujar Eva.

Eva menyebutkan, ketepatan waktu pemberangkatan menjadi salah satu hal penting khususnya ditengah volume penumpang Whoosh yang terus meningkat, 2 bulan beroperasi komersil sejak 17 Oktober 2023 hingga 17 Desember 2023 kereta cepat Whoosh telah mengangkut sebanyak 881 ribu penumpang. Rekor jumlah penumpang terbanyak terjadi pada 19 November 2023 dengan total 21.537 penumpang per hari.

KCIC akan terus mengevaluasi berbagai hal yang terkait operasional, keselamatan, dan keamanan Kereta Cepat Whoosh untuk menghadirkan layanan Kereta Cepat Whoosh yang terus dapat diandalkan.

Dengan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan tersebut memungkinkan penumpang merencanakan perjalanan mereka dengan percaya diri dan tepat.

Penumpang dapat mengandalkan Kereta Cepat Whoosh untuk pengalaman perjalanan yang konsisten dan dapat diandalkan, mengurangi ketidakpastian terkait penundaan, dan memastikan perjalanan antar kota yang mulus.

Beberapa faktor yang menjadikan kereta cepat whoosh dapat mencapai ketepatan waktu 99% adalah penggunaan teknologi kereta cepat paling canggih dan infrastruktur yang memiliki standar yang tinggi.

Hal tersebut meminimalkan risiko masalah teknis yang dapat menyebabkan penundaan. Adapun SDM profesional yang mengatur pola operasi kereta cepat memungkinkan penjadwalan, pengaturan, dan monitoring perjalanan KA yang efisien untuk meminimalisasi gangguan.

Dalam operasionalnya setiap hari dijalankan kereta tanpa penumpang sebagai kereta pertama dan kereta terakhir. Kereta konfirmasi ini dijalankan untuk memastikan seluruh sistem perkeretaapian aman dilintasi sebelum kereta penumpang berjalan.

Selain itu untuk memastikan keamanan dan keandalan seluruh infrastruktur prasarana, KCIC juga menjalankan kereta inspeksi atau Comprehensive Inspection Train (CIT) secara berkala untuk memeriksa jaringan kelistrikan, persinyalan, komunikasi, dan kondisi jalur Kereta Api Cepat.

“Tingkat ketepatan waktu yang tinggi berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas karena penumpang dapat mengatur jadwal mereka secara efisien, baik untuk pertemuan bisnis, komitmen kerja, atau aktivitas rekreasi. Kereta Cepat Whoosh berfungsi sebagai penghubung penting antar kota, mendorong pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan pertukaran budaya dengan memastikan transportasi yang cepat dan andal.” tutup Eva.

**

Info Lebih Lanjut

Manager Corporate Communication KCIC

Emir Monti

Email: emir.monti@kcic.co.id

***

Tentang Kereta Cepat Whoosh

Kereta Cepat Whoosh adalah layanan Kereta Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/h. Kereta Cepat Whoosh memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani 4 Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Untuk meningkatkan konektivitas, Kereta Cepat Whoosh akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi.

Share

Facebook
Twitter
LinkedIn