Seluruh Proses Pengelasan Rampung, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gunakan Rel Terpanjang di Indonesia

Jakarta, 17 Januari 2023 – Seluruh proses pengelasan rel di area welding proyek KCJB telah berhasil diselesaikan pada hari Selasa, 17 Januari 2023. Rel menjadi salah satu komponen penting dalam persiapan operasional proyek KCJB. Sebanyak 11.810 rel berstandar R60 dengan panjang 50 meter berhasil disambung menjadi 1.181 rel dengan panjang masing – masing 500 meter. 

Rel berstandar R60 sepanjang 50 meter yang dipilih untuk trase KCJB merupakan rel terpanjang di dunia perkeretaapian Indonesia. Rel yang masing-masing tersambung menjadi 500 meter adalah rel terbaik untuk proyek kereta berkecepatan 350 kilometer per jam. 

“Rel yang digunakan di proyek KCJB merupakan rel terpanjang di jalur perlintasan perkeretaapian di Indonesia,” ujar Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis (PMBD), Allan Tandiono. 

Penggunaan rel terpanjang ini membuat lintasan di proyek KCJB minim sambungan. Hal tersebut sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan pengguna KCJB mengingat kereta cepat Jakarta-Bandung akan melaju dengan kecepatan 350 kilometer per jam. 

Allan menambahkan, penyelesaian seluruh pekerjaan pengelasan rel di area welding milik PowerChina-Sinohydro ini tentu akan mendukung percepatan pemasangan rel di jalur KCJB yang saat ini sudah mencapai 92,27 kilometer. 

“Penyelesaian pengelasan rel ini tentu akan menunjang aktivitas pemasangan rel yang saat ini sedang berjalan. Semoga semua proses yang sedang dilakukan bisa berjalan dan selesai tanpa kendala. Terima kasih banyak atas kerja keras kontraktor HSRCC, PowerChina-Sinohydro dan semua pihak yang terlibat di proyek KCJB,” ujarnya. 

Pimpinan Kontraktor Tiongkok PowerChina-Sinohydro, Xi Zhongwei menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT KAI dan PT KCIC atas dukungannya dalam menyelesaikan pekerjaan ini. Mulai dari pengangkutan rel dari Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap menuju track laying base di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung. PowerChina- Sinohydro merupakan kontraktor yang mengerjakan pengelasan rel untuk kebutuhan KCJB. 

Agenda penyelesaian pengelasan rel ditutup dengan prosesi peletakan rel sepanjang 500 meter terakhir yang baru saja melalui proses pengelasan. Agenda tersebut dihadiri oleh 

Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis (PMBD), Allan Tandiono yang sekaligus mewakili Direktur Utama PT KCIC, beserta Direktur High Speed Railway (HSR), Xiao Songxin, Direktur Keuangan PT KCIC, Zhang Chao, Kepala Daop II PT KAI, Djoko Widagdo, dan para anggota konsorsium kontraktor KCJB. 

***
Informasi lebih lanjut, hubungi:

Rahadian Ratry
email : Rahadian.ratry@kcic.co.id 

Share

Facebook
Twitter
LinkedIn