Keren, Mewahnya Kereta Cepat China Rute Jakarta-Bandung

July 30, 2019

Jakarta, CNBC Indonesia –Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)dijadwalkan mulai beroperasi pada 2021 mendatang. Menyongsong masa operasional, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai memperkenalkan jenis kereta yang akan digunakan.

Berdasarkan data yang diterima CNBC Indonesia, Minggu (16/6/2019), KCJB bakal memakai kereta cepat generasi terbaru bertipe CR400AF electric multiple unit (EMU). Tipe itu merupakan hasil pengembangan pabrikan CRRC Qingdao Sifang.

Satu rangkaian kereta (train set) CR400AF EMU terdiri dari 8 cars atau gerbong. Jumlah itu meliputi empat gerbong bermotor dan empat gerbong tanpa motor.

Sebagai produsen, CRRC Qindao Sifang banyak melakukan riset dan development untuk memproduksi train set yang beroperasi di daerah pesisir pantai China. Latar riset ini berkarakter suhu dan kelembapan yang tinggi, mirip dengan kondisi cuaca di Indonesia.

Alhasil, EMU CR400AF untuk KCJB disesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia. Pun demikian dengan desain, baik eksterior maupun interior akan disesuaikan dengan budaya Indonesia.

Kelak, KJCB juga akan menjadi salah satu transportasi massal ramah bagi difabel, bayi, lansia, dan ibu hamil. Direktur Utama PT KCIC, Chandra Dwiputra, menyebut bahwa berbagai fasilitas khusus tidak hanya terdapat di stasiun.

Lebih dari itu, kereta sengaja dirancang khusus memiliki satu dari delapan gerbong bakal disediakan untuk Passenger With Reduce Mobility yang sangat ramah difabel. Terdapat fasilitas kursi penumpang khusus yang dilengkapi dengan tempat menyimpan kursi roda serta toilet yang didesain khusus bagi kemudahan mobilisasi kursi roda.

“Toilet ramah kursi roda ini jarang terdapat pada di dalam kereta, namun kami hadirkan di KCJB. Kami desain khusus agar pengguna kursi roda dapat menggunakan kereta dengan nyaman dan aman,” Chandra kepada CNBC Indonesia, melalui jawaban tertulis, Minggu (16/6/2019).

Agar pergerakan penumpang aman dari dan ke dalam kereta, maka ketinggian peron dengan lantai kereta dibuat sejajar dengan jarak celah (platform gap) rapat maksimal tujuh sentimeter. Menurutnya, jarak ini akan aman bagi difabel, pengguna kursi roda juga peralatan lainnya seperti kereta bayi dan koper.

Chandra menegaskan bahwa langkah ini diambil dengan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan tentang Standar Pelayanan Minimum untuk Angkutan Orang Dengan Kereta Api. 

“Jadi, jika Anda pergi ke Bandung atau Jakarta dan membawa kerabat yang menggunakan kursi roda, kami pastikan mereka akan mendapat pengalaman baru berkendara yang aman dan nyaman,” pungkas Chandra. (dru)

Sumber: CNBCIndonesia.com

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *