Rekayasa Konstruksi Trase Kereta Cepat, WIKA Bangun 19 Portal Pier di Cikarang Utama

April 28, 2020
Rekayasa Konstruksi Trase Kereta Cepat, WIKA Bangun 19 Portal Pier di Cikarang Utama
Tiga strukur trase Kereta Cepat Jakarta – Bandung salah satunya adalah elevated yang umumnya ditemui di sepanjang sisi jalan tol Jakarta – Cikampek. Pembangunan struktur elevated menyesuaikan sejumlah faktor seperti kondisi geografis, aktivitas dan lingkungan titik pembangunan.

Berbeda dengan area lainnya, struktur elevated kereta cepat di Cikarang Utama (KM29/DK28) sebagian akan mengadopsi konstruksi portal pier. Konstruksi berlokasi setelah Casting Yard #1 Cikarang ke arah Cikampek dan merupakan titik krusial untuk pekerjaan erection girder. Metode ini dipilih oleh karena adanya ramp dryport sehingga untuk menyesuaikan dengan kondisi tersebut, trase kereta cepat akan dibangun diatasnya dengan menggunakan portal pier.

Proses konstruksi portal beam struktur elevated di DK28

Portal pier ini berdiri dengan dua kaki (pier) melintang diatas ramp dryport. Proses konstruksi portal beam memiliki sejumlah tahap penting dan krusial, diantara lain:

  • Traffic Management (Pengaturan Lalu Lintas)

Pekerjaan konstruksi portal beam dilakukan disisi jalan tol sehingga perlu diterapkan pengaturan lalu lintas untuk memastikan pekerjaan berjalan dengan aman baik untuk para pekerja maupun untuk pengguna jalan. Dalam hal ini, proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung juga telah melakukan koordinasi denga pihak Jasa Marga terkait perubahan jalur, pemasangan rambu sementara dan penempatan petugas resmi pengatur lalu lintas jalan raya (flagman).

  • Pemeriksaan Pier Bagian Atas, Measurement dan Marking

Pembersihan ini dilakukan untuk memastikan bagian atas pier aman dari kotoran, debu, air dan bahan lannya yang berisiko merusak kualitas pekerjaan. Tim survey akan menentukan posisi, ukuran garis tengah, garis kontur dan sudut balok portal. Setelah itu tim survey akan menandai posisi model portal beam.

  • Instalasi Sistem Shoring & Formwork

Sistem shoring merupakan rangkaian perancah (scaffolding) untuk menyangga pada saat proses pengecoran beton portal beam. Shoring kemudian dintegrasikan dengan formwork portal beam. Proses instalasi formwork sendiri dilakukan mulai dari bagian bawah, kemudian dilajutkan ke sisi samping dengan memperhatikan posisi horizontal & vertikal formwork.

  • Instalasi Rebar (Batang Baja) & Pre-stressed Steel Stand (Untai Baja Pra-tekan)

Proses instalasi rebar perlu memperhatikan stabilitas, vertikalitas dan horizontalitas batang baja, jarak baja serta panjang bagian yang akan dilakukan pengelasan. Disisi lain akurasi dan kekuatan sistem penopang juga harus tetap diperhatikan.

  • Pengecoran & Curing

Pengecoran dilakukan dengan kendaraan pemompa beton. Selain kualitas beton, proses pengecoran juga memperhatikan kecepatan tuan beton (2meter/jam) serta ketinggian penuangan beton (tidak lebih dari 2 meter). Pengecoran dilakukan berlapis dengan proses bertahap. Setelah pengecoran, dilakukan curing atau pemeliharaan beton. Proses curing memperhatikan suhu inti dan permukaan beton.

  • Stressed Steel Strand & Pembongkaran Formwork

Stressed steel strand dilakukan dengan menarik (merenggangkan) untaian baja dengan tujuan memperkuat struktur beton. Setelah dilakukan perenggangan dan beton telah mengeras dengan sempurna, formwork dapat dibongkar.

  • Perawatan Beton & Curing

Perawatan beton dilakukan segera setelah formwork dibongkar dengan membungkus badan pier menggunakan plastik dan diikat dengan jaring pengaman untuk mencegah retak pada permukaan beton.

  • Pembongkaran Shoring & Instalasi Hanging Baskets

Pembongkaran shoring dilakukan dari bagian atas ke bagian bawah dengan tetap memperhatikan keamanan aktivitas di sekitarnya. Kemudian dilakukan pemasangan hanging basket mengelilingi struktur portal pier yang digunakan pada saat inspeksi maintenance struktur pier dikemudian hari.

Direncanakan akan dibangun 19 portal beam secara berurutan dengan dua tipe struktur frame pier. Struktur frame pier tipe A memiliki bentang total 28,6 meter sedangkan yang tipe B bentang total 33,8 meter. Sedangkan untuk jarak vertikal sesuai dengan aturan berlaku, trase kereta cepat akan berada 5,2 meter diatas ramp dryport pada saat masa konstruksi dan 7,3 meter diatas ramp dryport pada saat selesai konstruksi.

Perlu diketahui bahwa pembangunan struktur elevated kereta cepat merupakan kolaborasi yang dilakukan oleh kontraktor, yakni PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), Sinohydro dan China Railway Engineering Corporation (CREC). Dalam hal ini WIKA melakukan konstruksi untuk pier, sedangkan Sinohydro dan CREC dibagian pembuatan dan instalasi box girder. Sehingga dapat dikatakan untuk pekerjaan portal pier ini akan dikerjakan seluruhnya oleh WIKA.

Pelaksanaan konstruksi telah dimulai sejak November 2019 dan pada tanggal 1 Februari 2020 proyek di titik ini telah memasuki tahap shoring untuk portal. Memastikan kualitas konstruksi, KCIC bersama dengan WIKA telah melakukan peninjauan serta penilaian secara berkala.

* * *