KCIC Terus Kejar Target Operasional di 2022

Jakarta, 28 Mei 2021 | PT KCIC terus melakukan persiapan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hingga saat ini pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung telah selesai 73 persen. Direncanakan di awal tahun 2022 akan masuk tahap persiapan operasi.

Corporate Secretary PT KCIC, Mirza Soraya menyebutkan, PT KCIC terus melakukan percepatan untuk mengejar target-target yang sudah ditetapkan. Yakni target uji coba dan commercial operation yang dijadwalkan di akhir tahun 2022.

Berbagai pencapaian dalam sisi kontruksi yang dilakukan oleh WIKA, CREC dan Sinohydro sebagai kontraktor telah berprogres dengan baik. Misalnya pogres struktur elevated, saat ini sudah mencapai 67,24 persen. Untuk pembangunan tunnel sudah mencapai 85,55 persen. Sebanyak 8 dari 13 tunnel yang menjadi bagian trase Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah tembus.

“Percepatan terus kami lakukan. Tentu saja harapan kami target uji coba dan commercial operation date berjalan sesuai rencana,” ujarnya.

Dalam pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, dijelaskan Mirza ada banyak teknologi yang belum pernah dijalankan di Indonesia. Untuk itu, transfer knowledge mengenai penggunaan teknologi dari tenaga ahli dilakukan. Sehingga jika di masa yang akan datang ada perpanjangan trase atau pembangunan kereta cepat di daerah lain, SDM di Indonesia sudah siap untuk melakukan pembangunan dan pengelolaan.

Jika sudah beroperasi, Mirza menyebutkan Kereta Cepat Jakarta Bandung akan terintegrasi dengan moda transportasi lain di Jakarta. Konektivitas antarmoda transportasi akan memudahkan para pengguna layanan transportasi dari satu tempat ke tempat lain sehingga menciptakan daya saing dan efektivitas bagi Indonesia. Konektivitas moda transportasi akan dilakukan dengan LRT, MRT hingga busway.

“Ketika sudah terintegrasi, mobilisasi masyarakat menjadi lebih mudah, efektif dan efisien,” jelasnya.

Mirza pun meminta dukungan masyarakat agar pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa berjalan sesuai dengan rencana. Komunikasi dan koordinasi terus dilakukan PT KCIC untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan target yang ditentukan. (*)

* * *

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Mirza Soraya, Corporate Secretary

email: mirza.soraya@kcic.co.id

Share

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn